Contoh Pidato Singkat Perpisahan - Lengkap

Contoh Pidato Singkat Perpisahan
Contoh Pidato Singkat Perpisahan

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang tema pidato khususnya membahas mengenai pengertian pidato, tujuan pidato, persiapan sebelum pidato, menyusun kerangka pidato dan contoh pidato singkat perpisahan. 

Di artikel ini hanya akan dibahas uraian secara singkat saja. Untuk pembahasan pidato lebih lengkap silakan baca di sini.

Pengertian Pidato

Secara umum pengertian pidato adalah berbicara di depan umum atau di hadapan suatu kumpulan orang untuk menyampaikan sesuatu. Selain itu biasanya pidato dilakukan dalam ruang lingkup formal.

Pidato yang disampaikan lazimnya menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Tergantung kepada audiens atau siapa kita akan menyampaikan pidato tersebut. Dalam pidato ini biasanya dilakukan dalam suasana yang serius dengan pembahasan yang mendalam dan materi yang padat dan panjang.

Beberapa contoh pidato dalam ruang lingkup formal misalnya antara lain :
  • pidato seorang Presiden di hadapan anggota MPR atau DPR
  • pidato seorang Kepala Sekolah saat upacara bendera
  • pidato seorang pimpinan di dalam rapat suatu perusahaan 

Pidato Singkat

Selain dilakukan dalam ruang lingkup formal, pidato dapat juga dilakukan di luar ruang lingkup formal dan biasanya hanya merupakan pidato singkat saja tanpa pembahasan yang panjang dan mendalam. 

Pidato singkat biasanya dilakukan pada acara-acara yang sederhana seperti acara perpisahan, acara pembukaan suatu kegiatan, acara sambutan dan lain-lain.

Contoh pidato singkat perpisahan antara lain :
  • pidato singkat dalam rangka perpisahan siswa sekolah
  • pidato singkat perpisahan guru
  • sambutan perpisahan rekan kerja
  • sambutan perpisahan karena pindah tugas

Jenis dan Tujuan Pidato

Tujuan berpidato pada intinya adalah menyampaikan suatu informasi secara lisan untuk disampaikan kepada audiens sehingga paham akan maksud dari yang kita sampaikan. 

Ada 4 jenis pidato dilihat dari tujuannya yaitu :
  1. Pidato informatif, adalah pidato yang bertujuan untuk sekedar memberikan suatu informasi kepada audiens.
  2. Pidato argumentatif, pidato argumentatif adalah pidato yang bertujuan untuk meyakinkan audiens terhadap pendapat kita. 
  3. Pidato persuasif, pidato persuasif adalah pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk membujuk, mempengaruhi atau mengajak audiens. 
  4. Pidato rekreatif, pidato rekreatif merupakan pidato yang bertujuan hanya untuk menghibur audiens semata. 
Persiapan Sebelum Pidato
Persiapan Sebelum Pidato

Persiapan Sebelum Pidato Agar Tampil Percaya Diri

Berbicara di depan orang banyak bukanlah hal yang mudah, diperlukan keberanian, kepercayaan diri, penguasaan materi pidato atau mengenai apa yang akan disampaikan dan latihan.

Selain itu perlu membiasakan diri dengan sering berbicara di hadapan orang banyak untuk mengasah kepercayaan diri. Orang yang terbiasa melakukannya akan tampil berbeda dengan melihat gaya saat pidato dan ketenangan saat tampil di depan umum.

Yang tak kalah penting adalah pemahaman akan konsep mengenai apa yang akan disampaikan sehingga audiens atau pendengar tidak akan merasa bosan dan jenuh saat mendengar pidato kita. Kita harus menyiapkan kerangka pidato yang sistematis, tidak bertele-tele dan menyimpang dari konsep karena grogi atau lupa.
Menyusun Pidato Agar Sistematis
Menyusun Pidato Agar Sistematis

Menyusun Kerangka Pidato Agar Sistematis

Sebelum berpidato, menyusun struktur pidato perlu dilakukan agar alur pidato menjadi terarah dan sistematis. Kerangka atau susunan sebuah pidato secara umum yaitu terdiri dari :
  1. Pembukaan
  2. Isi pidato
  3. Penutup
Pembukaan pidato biasanya diawali dengan salam atau ucapan selamat pagi/siang/malam. Selain itu berisi ucapan hormat kepada pimpinan, kepala atau yang orang mempunyai jabatan. Setelah itu biasanya mengucapankan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan solawat serta salam kepada nabi Muhammad.

Isi pidato merupakan penyampaian tujuan dari orang yang berpidato. Misal dalam hal ini pidato perpisahan, maka yang disampaikan adalah ucapan terima kasih sebelum berpisah, permohonan maaf dan kesan-kesan yang dialami selama berada di suatu lingkungan.

Penutup pidato berisi kesimpulan dari apa yang disampaikan. Selain itu pada bagian penutup biasanya berisi kesan dan pesan serta saran-saran yang bersifat membangun untuk para hadirin. 

Karena kita tidak akan bertemu lagi dengan orang-orang yang mendengarkan pidato kita, jadi buatlah pidato yang berkesan agar mereka selalu mengingat kita. Misal dengan membuat suatu pantun, peribahasa, mengutip kata mutiara atau kata bijak dari tokoh terkenal.

Berdasarkan kerangka pidato tersebut, maka dapat menjadi gambaran untuk menyusun pidato maupun sambutan perpisahan yang singkat, padat dan jelas serta sarat akan makna.

Contoh Pidato dan Sambutan

Berikut adalah beberapa contoh pidato singkat dan sambutan perpisahan.

Daftar isi :

Contoh Sambutan Perpisahan Pegawai karena Pindah Tugas/Purna Tugas


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat sore rekan-rekan semua,

Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memberikan sambutan di acara perpisahan ini. Ijinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai kenang-kenangan terakhir sebelum saya berpindah tugas di cabang yang baru.

Yang pertama saya ingin menyampaikan banyak terima kasih atas bimbingan selama saya bekerja di kantor perusahaan ini, terutama kepada Bapak pimpinan cabang. Karena selama saya menjadi pegawai di perusahaan ini banyak sekali bimbingan dan arahan yang beliau berikan kepada saya, sehingga saya menjadi karyawan yang mampu berkembang dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan kepada saya.

Selain itu tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih banyak kepada rekan-rekan yang telah membantu saya dan bekerja sama dengan baik selama saya menjalankan tugas dan pekerjaan saya sebagai karyawan di kantor ini.

Yang kedua saya menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya, bilamana selama saya berada di perusahaan ini melakukan banyak kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Semua itu bukan semata-mata karena keinginan saya, namun karena saya sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Harapan saya, semoga cabang ini semakin maju dan sukses dan mampu bersaing menjadi perusahaan yang terbaik. 

Mungkin hanya itu kesan dan pesan yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Sambutan Perpisahan Siswa Sekolah


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Yogyakarta. Yang kami hormati Bapak dan Ibu Guru dan semua yang hadir di acara ini. Tak lupa pula teman-teman yang kami cintai di sekolah ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas
rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam acara perpisahan sekolah kita yang tercinta.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kerja sama panitia dan semua pihak yang telah menyiapkan acara ini sehingga dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Pada kesempatan ini, mohon ijinkan saya mewakili seluruh siswa sekolah ini, menyampaikan sepatah dua patah kata sebelum berpisah untuk meninggalkan tempat dimana kita semua belajar dan menimba ilmu selama 3 tahun ini.

Kami sebagai siswa sekolah ini mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang telah mengajar dan memberikan ilmunya selama ini, dengan penuh keabaran dan kasih sayang. Berkat jasa bapak dan ibu guru, kami dapat lulus dari sekolah ini dan semoga ilmu yang kami dapat menjadi bermanfaat kelak.

Pepatah mengatakan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Karena begitu banyak jasa para guru di sekolah ini yang tak terhitung dan tak dapat terganti dengan apapun. Dan kami sebagai siswa tidak akan mungkin bisa membalas semua jasa-jasa yang telah kalian berikan selama ini.

Kami hanya dapat mendoakan semoga semua guru di sekolah ini selalu mendapat kesehatan, kelancaran rizki dan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Amin.

Berat rasanya berpisah dengan teman-teman semua yang sudah melewati masa selama 3 tahun menuntut ilmu di sekolah ini. Semoga kalian sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat tercapai cita-cita yang diharapkan.

Demikian yang hanya dapat saya sampaikan. Akhir kata, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Sambutan Perpisahan Guru Sekolah


Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Yang saya hormati rekan-rekan guru sekalian. Tak lupa pula yang saya cintai dan saya banggakan para siswa sekolah ini.

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam acara perpisahan ini.

Hari ini adalah hari terakhir saya mengajar dan mengabdi di sekolah ini. Tak terasa sudah 5 tahun berada di sekolah ini. Begitu berat rasanya untuk meninggalkan sekolah ini, berpisah dengan rekan-rekan guru, serta para siswa yang saya cintai.

Namun sudah saatnya bagi saya untuk berpisah dengan kalian semua karena saya akan pindah tugas mengajar di sekolah lain yang masih dalam kota yang sama.

Saya ucapkan terima kasih kepada warga sekolah ini yang sudah menerima dengan baik akan keberadaan saya, membantu saya selama mengajar di sini dan mengikuti semua aktivitas yang ada di sekolah yang tercinta ini.

Tak lupa pula saya memohon maaf kepada rekan-rekan guru sekalian dan seluruh siswa, jikalau ada perkataan atau perbuatan yang kurang berkenan selama saya berada di sini. Hal ini murni kesalahan saya sebagai manusia yang tak dapat luput dari salah.

Semoga sepeninggal saya nanti sekolah ini menjadi semakin maju dan berprestasi.

Demikian kiranya tak dapat panjang lebar yang dapat saya sampaikan. Akhir kata, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sambutan Perpisahan Pensiun Sekolah


Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati rekan-rekan guru semua, serta tidak lupa pula para staff dan karyawan sekolah ini yang sangat saya cintai.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan dan ditunjuk oleh beliau Bapak Kepala Sekolah untuk memberikan sambutan, lebih tepatnya sambutan perpisahan, dimana hari ini adalah hari terakhir saya bertugas dan mengabdi untuk sekolah kita yang tercinta ini.

Ini merupakan perpisahan saya dengan sekolah ini yang artinya ini adalah masa pensiun saya. Selama 15 tahun lamanya saya mengajar di sekolah ini. Dan selama itu pula saya merasa bahagia dapat menjadi bagian dari keluarga yang besar ini.

Tak usah sungkan untuk bertemu dan saling sapa di luar sana nanti. Jika berkenan saya persilakan untuk bersilaturahmi ke rumah saya, karena saya berhenti mengajar di sekolah ini bukan berarti terhentinya pula hubungan kekeluargaan kita semua.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ucapan, perbuatan maupun kesalahan yang saya perbuat selama saya mengabdi di sekolah ini. Terima kasih kepada semua warga sekolah ini karena telah diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga ini.

Kiranya sekian yang dapat saya sampaikan. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sambutan Perpisahan Pensiun Kerja

Assalammu'alaikum Wr.Wb. Selamat sore rekan-rekan semua.

Terima kasih kepada Bapak Pimpinan perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Terima kasih juga untuk rekan-rekan semua atas waktunya, bersedia menyempatkan diri untuk hadir di sini.

Perkenankan saya untuk dapat memberikan sambutan perpisahan atas pensiun saya. Karena hari ini adalah hari terakhir saya bekerja di perusahaan ini setelah selama 25 tahun saya bekerja, mencurahkan waktu dan tenaga saya untuk mengabdi di perusahaan ini.

Sungguh terasa berat bagi saya pribadi meninggalkan begitu saja rumah kedua kita semua ini. Tak terasa waktu yang saya lalui bersama kalian semua. Begitu banyak kenangan dan lika-liku yang dilewati untuk demi berdirinya nama perusahaan. Tak mudah menemukan kenyamanan tinggal bersama sebagai satu keluarga di perusahaan ini, dimana kita saling bahu-membahu, saling support, saling bertukar pendapat, yang mana semua itu demi kemajuan dan masa depan perusahaan.

Tentu kita semua sepakat bahwa perusahaan inilah yang membesarkan kita sehingga kita mendapat pekerjaan yang layak bagi kita. Begitu juga sumbangsih seluruh karyawan di sini atas tumbuh kembangnya perusahaan yang tak dapat dihitung dengan apapun.

Namun sudah tiba saatnya bagi saya berpisah dengan perusahaan ini dan segera menjalani masa pensiun saya setelah ini. Masa purna tugas bukan berarti akhir dari aktivitas dan kreativitas.

Tak pantas bagi saya membanggakan atas pengabdian saya, karena sebagai karyawan saya masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu saya mohon maaf pabila selama saya bekerja tidak dapat memberikan semuanya dengan maksimal. Dan mohon maaf atas segala kesalahan yang saya perbuat selama saya bekerja di perusahaan ini.

Sekali lagi terima kasih kepada Bapak Pimpinan karena telah sedia membimbing saya selama ini. Dan terima kasih juga kepada rekan-rekan semua telah menerima saya sebagai partner kerja di perusahan ini.

Kiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
 

Contoh Pidato Singkat Perpisahan Rekan Kerja


Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Pimpinan perusahaan. Yang saya hormati dan saya cintai  rekan-rekan kerja yang telah hadir dalam acara perpisahan ini.

Puji dan syukur kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmatNya kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama di acara ini. Shalawat dan salam senantiasa kita panjatkan kepada nabi Muhammad SAW. Semoga kita mendapat syafa'atnya di hari akhir nani. Amin.

Rekan-rekan yang saya hormati, tak terasa sudah 5 tahun saya bertugas di kantor cabang ini. Dan selama itu pula sudah begitu banyak hal yang saya dapatkan baik berupa bimbingan dari pimpinan serta rekan-rekan, ilmu dan pengalaman. Tak lupa pula teguran, kemarahan dan kelucuan yang dialami selama bekerja di sini.

Tapi saya merasa bersyukur karena di sekeliling saya banyak sekali orang-orang baik, yang dapat menjadi partner dan rekan kerja yang kompak, yang memiliki semangat dan integritas yang tinggi dalam upaya memajukan perusahaan ini. Bersama tim ini semua dilakukan dengan penuh semangat dalam mengejar target perusahaan yang tidak pernah turun, malah semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Di cabang ini bagi saya merupakan lingkungan kerja yang sehat, penuh antusias dan penuh tantangan. Mungkin belum tentu saya mendapatkan suasana lingkungan kerja seperti ini. Sebagai karyawan yang ikut mengabdi selama ini saya bersyukur pula karena dapat menjadi bagian dari perusahaan ini.

Seperti ungkapan "ada perjumpaan dan ada pula perpisahan, takkan ada perpisahan kalau tak ada perjumpaan". Meskipun dulu kita berjumpa dan kini berpisah, namun kita masih bisa berjumpa di lain hari dan lain kesempatan. Harapan saya komunikasi dan tali silaturahmi tetap terjaga hingga kapanpun dan dimanapun. Jangan sungkan untuk bertegur sapa bila bertemu di luar sana.

Pada akhinya saya pribadi mohon maaf kepada rekan-rekan semua, apabila selama saya bekerja telah banyak melakukan kesalahan. Baik dalam berucap atau bersikap, baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja, karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf.

Semoga kantor cabang berdikari ini bisa semakin sukses dan maju ke depannya. Amin.

Demikian yang hanya dapat saya sampaikan, akhir kata, Wassalammu'alaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Sambutan Perpisahan Pimpinan


Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi rekan-rekan semua, terima kasih atas waktu yang telah diberikan kepada saya dalam rangka untuk memberikan sedikit kata sambutan untuk mengawali acara perpisahan ini.

Tidak banyak yang akan saya sampaikan, selaku pimpinan di kantor ini saya mewakili seluruh pegawai yang ada di perusahaan ini, mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi saudara selama bekerja dan mengabdi untuk perusahaan ini.

Selain itu saya pribadi mohon maaf jika selama saya memimpin ada kesalahan maupun kekurangan, dalam perkataan maupun perbuatan saya, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Karena sejatinya saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah.

Pesan saya adalah di manapun kita bekerja, lakukanlah tugas kita sebaik dan semampu kita sehingga kita menjadi orang yang dapat bermanfaat untuk lingkungan kita. Jangan melakukan sesuatu karena hanya ingin dipuji atasan maupun orang lain. Tapi lakukanlah karena memang itulah kewajiban kita dan merupakan usaha untuk menunjukkan apakah kita karyawan yang teladan dan mampu menjadi inspirasi untuk orang lain. Tak perlu melakukan hal yang besar, hal yang kecilpun jika kita lakukan dengan maksimal dan sungguh-sungguh, pastinya akan membawa dampak dan manfaat yang dapat dirasakan di tempat kita bekerja.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalammu'alaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Siswa Sekolah dalam Bahasa Inggris


Assalammu'alaikum Wr.Wb.

The honorable our Principal of SMK Negeri 1 Yogyakarta School. Our respectable all our teacher and all who were present at this event. Do not forget also the friends we love in this school.

Let us first of all give thanks to the presence of Allah SWT, because of His grace today we can gather together in our beloved school farewell ceremony and graduation celebration. 

Previously, I say thank you for the cooperation of the committee and all parties who have prepared this event so that it can be carried out as it should. 

On this occasion, please allow me to represent all students of this school, deliver some word before saying goodbye to leave the place where we have all studied for the past 3 years. 

We as students of this school would like to say thank to the teachers who have taught and given their knowledge so far, with patience and compassion. Thanks to the services of the teachers, we can graduate from this school and hopefully our knowledge can be useful later. 

There is a proverb saying that teachers are unsung heroes. Because so many services of the teachers in this school are innumerable and cannot be replaced with anything. And we as students will not be able to repay all the services that you have provided so far. 

We can only pray that all the teachers in this school always get health, good fortune and safety in the world and the hereafter. Amen.

It's hard to say goodbye to all my friends who have gone through a period of 3 years studying at this school. We wish you success in continuing your education to a higher level and achieving the desired goals.

That's all I can say. Last word, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.   



Demikian Contoh Pidato Singkat Perpisahan yang dapat admin bagikan untuk sobat semua. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi sobat pembaca semua.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya