Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Lulus HRD

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu komponen yang menentukan apakah kalian bisa diterima kerja atau tidak. Surat lamaran ini dibuat untuk menyampaikan keinginan kalian untuk bekerja di perusahaan atau organisasi yang memberikan lowongan pekerjaan.

Perlu kalian ketahui bahwa surat lamaran tidak sama dengan curriculum vitae atau CV. Untuk memahami lebih dalam mengenai surat satu ini, simak terus penjelasan yang ada pada artikel ini.


Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Jika kalian tertarik dengan salah satu iklan lowongan pekerjaan yang ditawarkan baik melalui media cetak maupun media online, kalian sudah pasti harus membuat surat lamaran pekerjaan.

Surat lamaran adalah surat yang dibuat seseorang yang ditujukan untuk suatu pihak atau perusahaan dengan tujuan untuk mengajukan permohonan untuk mendapat pekerjaan.

Surat ini berfungsi sebagai media yang mewakili keinginan kalian supaya direkrut di perusahaan atau organisasi tempat lowongan pekerjaan itu tersedia. Dan surat ini biasanya ditujukan kepada bagian human resource department (HRD) atau bidang yang mengurusi masalah kepegawaian. 

Ada beberapa hal yang harus dituliskan saat membuat surat satu ini. Yang pertama adalah jabatan atau posisi apa yang ingin dilamar. Pastinya posisi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang sudah dituliskan pada iklan lowongan pekerjaan.

Kedua, kalian harus menuliskan resume atau informasi mengenai diri kalian seperti pengalaman, keahlian dan keterampilan kalian. Dalam surat lamaran pekerjaan, kalian harus pintar "menjual" diri kalian supaya pihak HRD terkait tertarik dengan keterampilan dan diri kalian.

Ketiga, kalian harus menyebutkan darimana mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan ini. Biasanya, hal ini dijelaskan pada paragraf pembukaan surat lamaran.

Saat membuat surat ini, kalian harus mengingat bahwa surat ini sifatnya resmi dan formal, sehingga bahasa yang digunakan juga formal.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran yang bisa menarik perhatian HRD? Untuk membuat surat lamaran yang bersifat formal, kalian harus memperhatikan betul struktur surat lamaran pekerjaan.

Berikut adalah struktur surat yang harus kalian buat dan tulis dalam surat lamaran kalian.

1. Pembukaan

Dalam bagian pembukaan surat, kalian harus secara jelas menuliskan darimana mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia. Kalian bisa menuliskan kalimat seperti di bawah ini:

"Sesuai informasi yang tertulis pada iklan lowongan pekerjaan pada Harian Kompas, edisi Kamis, 10 Desember 2020 bahwa perusahaan Anda membutuhkan seorang sekretaris."

Setelah menuliskan kalimat pembukaan, kalian bisa melanjutkan dengan menuliskan biodata diri secara singkat.

2. Perkenalan Diri Secara Singkat

Dalam bagian perkenalan diri yang singkat, kalian hanya perlu mencantumkan nama, tempat dan tanggal lahir, alamat sesuai KTP dan/atau domisili, serta nomor telepon. 

Biasanya format yang digunakan untuk menuliskan perkenalan diri adalah sebagai berikut:

Nama:
Tempat/Tanggal Lahir:
Alamat Sesuai KTP:
Nomor Telepon:

3. Maksud dan Tujuan Anda Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah menuliskan biodata yang singkat, kalian bisa menuliskan maksud dari membuat surat lamaran tersebut. Kalian bisa mengutarakan keinginan kalian untuk menduduki posisi atau jabatan yang ditawarkan pada iklan lowongan pekerjaan. 

Kalian bisa mencetak tebal posisi atau jabatan yang diinginkan supaya petugas HRD yang membaca bisa dengan mudah mengklasifikasi dan menindaklanjuti surat lamaran kalian.

4. Daftar Berkas yang Dilampirkan

Pada bagian selanjutnya adalah daftar berkas atau dokumen apa saja yang dilampirkan bersama dengan surat lamaran tersebut. Beberapa berkas yang biasanya dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah:
  • fotokopi KTP
  • fotokopi ijazah dan transkrip nilai
  • CV yang berisi foto terbaru
  • sertifikat yang relevan dengan keterampilan

5. Penutup

Pada bagian akhir surat, jangan lupa untuk menuliskan kalimat penutup. Kalimat penutup yang biasanya dituliskan berupa harapan kalian supaya lamaran diterima.

Selain struktur surat yang penting, bahasa yang digunakan juga harus formal. Kalian harus memastikan bahwa bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku dan sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.

Jika menulis surat lamaran dengan bahasa Indonesia, maka gunakan ejaan yang benar dan kata-kata yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Apabila menulis surat lamaran dengan bahasa Inggris, kalian harus menggunakan kata yang formal serta grammar yang tepat.

Selain itu, tidak sedikit perusahaan yang meminta para pelamar untuk menulis surat lamaran dengan tulisan tangan.

Surat lamaran kerja yang ditulis tangan hanya dibuat jika perusahaan memintanya. Dan juga pastikan surat yang ditulis tangan ini dibuat dengan rapi dan bisa dibaca.


Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja umum yang sesuai dengan struktur dan tata bahasa yang benar.

Denpasar, 10 Desember 2020

Yth. HRD PT Hiba Surya
Jalan Kemaritiman Nomor 345
Surabaya


Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang dituliskan pada Harian Sindo, edisi Jumat 11 Desember 2020, bahwa perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan untuk beberapa posisi.

Saya yang membuat surat dan bertanda tangan di bawah ini:

Nama:   Luhut Pandjaitan
Tempat/Tanggal Lahir:   Denpasar, 5 Mei 1994
Alamat:   Jalan Maritim nomor 19, Renon, Denpasar, Bali
Nomor Telepon:   08112233456

Bermaksud untuk melamar posisi akuntan.

Untuk melengkapi surat lamaran ini, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang bisa menunjang proses seleksi.
  1. fotokopi KTP
  2. fotokopi ijazah S1
  3. fotokopi transkrip nilai S1
  4. CV
  5. sertifikat pelatihan dan PKL
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Besar harapan saya supaya Bapak/Ibu mempertimbangkan lamaran saya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Luhut Pandjaitan

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama cover letter. Meskipun fungsinya sama yaitu ingin menyampaikan keinginan dalam melamar pekerjaan, dari segi struktur sedikit berbeda.

Jika dalam surat lamaran bahasa Indonesia biasanya dituliskan biodata singkat, dalam surat lamaran berbahasa Inggris tidak diperlukan.

Selain itu, cover letter lebih menekankan pada motivasi atau alasan mengapa kalian tertarik untuk mengisi posisi yang ditawarkan.

Kalian juga perlu menuliskan kelebihan apa yang dimiliki sehingga kalian merupakan kandidat yang paling cocok untuk posisi tersebut.

Untuk memahami lebih lanjut bagaimana cara membuat cover letter, berikut adalah contohnya.

Yasonna Laoly

(123) 456-7891

yasonna@gmail.com

Dec 1, 2020

Dear Hiring Manager,

I am writing to express my interest in the Accounting Specialist position at Crane & Jenkins. When I read the job description, I was excited to apply since I have visited the facility and highly admire the care Crane & Jenkins provides to the chronically ill and disabled youth of the community. I believe the job duties listed align well with my skills. You need someone who is highly organized and effective and who can remain positive and pleasant under strict deadlines. I believe my experience and education serves me well for this role.

In my previous capacity as a Staff Accountant at River Tech, I accurately maintained multiple ledgers within Quickbooks while self-managing multiple projects and learning new concepts regularly under deadlines. I was responsible for compiling the company's financial statements for the purposes of providing it to the auditor. I acted as the liaison between the external audit team and the internal accounting department.

I have also worked in several customer service roles over the years prior to receiving my post-secondary education, allowing me to develop excellent communication and conflict resolution skills. I am proficient in accounting software including, but not limited to, MS Excel, Word, PowerPoint, and various other tax and accounting software.

Having worked on many teams and as a people-oriented person, I am very enthusiastic about the possibility to work with a diverse team while managing sole responsibilities as an Accountant. I welcome the opportunity discuss how my qualifications would be an asset to Crane & Jenkins' continued success. My resume is enclosed for your reference.

Sincerely,

Yasonna Laoly

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Dalam prakteknya, untuk mendapatkan pekerjaan di bank, semua proses seleksi berkas dilakukan secara daring atau online.

Pihak bank yang merupakan organisasi yang membuka lowongan pekerjaan biasanya sudah menyiapkan formulir online yang bisa diisi dengan mudah.

Begitu pula dengan proses mengunggah berkas atau dokumen yang biasanya dilakukan secara online. Meskipun demikian, dalam beberapa kesempatan khusus, pihak bank terkadang meminta para pelamar untuk membuat surat lamaran secara manual.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja di Bank Mandiri.

Malang, 16 Desember 2020

Yth. Bapak/Ibu Staf Personalia
Bank Mandiri Cabang MT. Haryono Malang
Jalan MT. Haryono, Dinoyo
Malang


Salam hormat,

Berdasarkan dari informasi yang disiarkan melalui radio pada tanggal 10 Desember 2020 bahwa Bank Mandiri Cabang MT. Haryono sedang membutuhkan customer service, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:   Ida Fauziyah
Tempat/Tanggal Lahir:   Malang, 3 November 1997
Alamat:   Jalan Ketenagakerjaan nomor 19, Malang
Nomor Telepon:   08234587645

Bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut.

Untuk memenuhi persyaratan dokumen yang dibutuhkan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:
  1. CV dan pas foto ukuran 3x4
  2. fotokopi KTP
  3. fotokopi ijazah S1
  4. fotokopi transkrip nilai S1
  5. SKCK
  6. fotokopi kartu pencari kerja
Besar harapan saya bisa dipanggil untuk menjalani tes selanjutnya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Ida Fauziyah

4. Contoh Surat Lamaran Kerja PT

PT atau Perseroan Terbatas adalah sebuah badan usaha atau perusahaan yang sudah memiliki ijin dan perlindungan secara hukum. Jika kalian tertarik untuk bekerja di salah satu PT yang ada di Indonesia, kalian bisa mencontoh surat lamaran untuk PT berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Jika kalian adalah seorang lulusan tenaga kesehatan baik dokter, bidan, perawat dan sebagainya, tentu kalian bermaksud untuk bekerja di sebuah rumah sakit. Untuk mempermudah proses mendapatkan pekerjaan, berikut adalah contoh surat lamaran kerja di rumah sakit.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

6. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Bagi kalian yang tertarik untuk bekerja di hotel, berikut adalah contoh surat lamaran khusus untuk perhotelan yang biasanya ditulis dalam bahasa Inggris.

AYU BINTANG DARMAVATI
Depok, Jawa Barat | ayu@yahoo.com

December 12, 2020

Ritz Carlton

RE: Recepsionist

Dear Director of Human Resources,

I would like to express my interest in the Recepsionist position. I am a self-motivated and progress-driven Customer Service with an extensive background in this industry. With a long-standing record of initiative and innovation, I have developed and executed strategies that I believe will bring value to Ritz Carlton.

Throughout the course of my career, I have honed my personal and communication abilities. I am an astute problem solver capable of prioritising and managing complex projects with proficiency.

In my previous role, I exercised customer service, public relation and management in contribution to team efforts and organisational improvements. I am open-minded and focused on new developments in my field. I have proven to be effective and motivational, with proficiency in management and collaborative work. I enjoy brainstorming and coordinating efforts to achieve a common goal.

Please take a moment to review the enclosed CV and accompanying credentials. I would appreciate the opportunity to speak to you regarding my candidacy for the Recepsionist role.

I'm looking forward to your response and thank you for your consideration.

Yours sincerely,
Ayu Bintang Darmavati


Gambar contoh surat lamaran kerja di perhotelan

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

7. Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan

Meskipun sudah tidak umum, beberapa perusahaan masih menginginkan para pelamar pekerjaan di tempat mereka untuk menulis secara manual surat lamaran mereka. Banyak yang menilai bahwa metode ini dilakukan untuk mengenal lebih jauh kepribadian calon pegawai mereka.

Dalam menulis surat lamaran harus benar-benar memastikan kerapian tulisan agar mudah untuk dibaca. Selain itu, gunakan bolpoin berwarna hitam, dan jangan menggunakan bolpoin berwarna seperti merah, kuning dan sebagainya. 

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang bisa kalian pelajari.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan


Pengertian Curriculum Vitae atau CV

CV berbeda dengan surat lamaran kerja, namun masih banyak orang yang bingung dengan kedua hal ini. Seperti penjelasan di awal, surat lamaran pekerjaan merupakan media untuk menyampaikan keinginan seseorang agar direkrut oleh perusahaan. Sedangkan CV adalah lampiran yang berisi riwayat hidup orang yang melamar.

Riwayat hidup yang ditulis dalam CV berisi nama, alamat rumah, nomor telepon, alamat email, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan keterampilan, serta prestasi yang pernah diraih baik selama mengenyam bangku pendidikan maupun pada pekerjaan sebelumnya.

Untuk memudahkan kalian dalam memahami hal ini, berikut adalah contoh CV yang baik dan benar. 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
(Curriculum Vitae)

Nama:   Muhadjir Effendy
Tempat/Tanggal Lahir:   Pemalang, 22 Maret 1994
Alamat:   Jalan Sosial 177, Petarukan, Pemalang
Nomor HP:   08957707323
Jenis Kelamin:   Laki-Laki
Tinggi badan:   180cm
Berat badan:   77kg
Agama:   Islam
Kewarganegaraan:   Indonesia
Status:   Belum Menikah
Email:   muhadjir@gmail.com
Hobbi:   Membaca, bermain Musik

PENDIDIKAN FORMAL
Tahun 2000–2006     SD N 1 Pemalang
Tahun 2006–2009     SMP N 3 Pemalang
Tahun 2009–2012     SMA N 1 Pemalang
Tahun 2012–2016     Universitas Gajah Mada

PENDIDIKAN NON FORMAL
2011     English Course EF (English First)
2016     Pelatihan Manajemen Pemasaran

PENGALAMAN KERJA
2018-2019     Account Officer Staff di PT Jasa Raharja

KEAHLIAN KHUSUS
Bahasa Inggris (Writing, Listening, Speaking)
Komputer (Microsoft Office, Photoshop)


Gambar contoh CV dalam bahasa Inggris

Gambar CV Bahasa Inggris

Dari beberapa contoh surat lamaran pekerjaan di atas, kita bisa memilih contoh mana yang paling sesuai dengan kondisi masing-masing. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam membuat surat lamaran yang efektif dan menarik.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya