Koleksi Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris untuk Berbagai Profesi

Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris


Bagi job hunters, mencari pekerjaan tidak harus selalu di perusahaan lokal di dalam negeri. Apalagi di era global sekarang, banyak perusahaan berskala multinasional yang mendirikan perusahaannya di Indonesia. Tak sedikit juga calon pelamar yang berminat bekerja di perusahaan asing tersebut. Sehingga mau tak mau, bahasa yang universal, yakni bahasa Inggris menjadi alat komunikasi utamanya.

Dari sisi perusahaan, mereka juga berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Sehingga pihak HRD atau bagian perekrutan karyawan berlomba-lomba membuat iklan lowongan kerja dalam bahasa Inggris untuk menunjukan eksistensi perusahaan serta menjangkau lebih banyak calon pelamar. Misalnya dengan memasang iklan lowongan di berbagai media seperti televisi, media sosial dan koran.

Apalagi saat ini ada berbagai website yang secara khusus menayangkan lowongan-lowongan dari berbagai perusahaan atau agensi. Misalnya saja jobstreet.com, yang merupakan situs tempat bertemunya para pencari kerja dan perusahaan pembuka lowongan pekerjaan.

Bagi kalian yang akan membuat iklan lowongan kerja, tak ada salahnya melihat-lihat berbagai contoh iklannya untuk mendapatkan inspirasi agar iklan yang dibuat menjadi lebih menarik dan meyakinkan. Simak penjelasan berikut.

Struktur dan Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar iklan lowongan pekerjaan, termasuk dalam bahasa Inggris, di surat kabar dikenal sebagai announcement text

Sesuai namanya, jenis teks ini berfungsi menyampaikan pengumuman tertulis akan suatu hal yang telah atau akan dilaksanakan.

Pada pembuatan iklan lowongan kerja dalam bahasa Inggris, kalian perlu memperhatikan struktur dan poin penting untuk dituliskan. 

Bagian-bagian dan poin yang harus dicantumkan meliputi:
  • Nama perusahaan. Nama perusahaan, agensi, atau badan usaha yang menawarkan posisi kerja adalah elemen penting yang wajib disertakan untuk memudahkan pencari kerja supaya bisa langsung menemukan iklan yang diperlukan.
  • Deskripsi singkat perusahaan. Elemen ini sifatnya opsional. Perusahaan berskala besar biasanya hanya mencantumkan 2-3 kalimat. Namun, perusahaan atau agensi yang masih baru dapat menuliskan deskripsi yang lebih panjang untuk meyakinkan reputasi di mata pelamar.
  • Posisi pekerjaan. Posisi pekerjaan yang sedang disediakan harus dicantumkan sejelas mungkin. Profesi seperti senior manager dan junior manager misalnya, meski hanya beda satu kata, mempunyai job description yang berbeda.
  • Persyaratan. Bersama posisi pekerjaan, perusahaan akan memaparkan persyaratan yang harus dipenuhi pelamar kerja. Semakin mendetail, maka semakin spesifik jenis profesi yang dibutuhkan.
  • Gaji atau penghasilan. Elemen ini pun sifatnya opsional, tetapi sebagian besar pelamar biasanya ingin tahu kisaran gaji bulanan yang diperoleh sejak mendapatkan iklan lowongan kerja agar bisa disesuaikan kebutuhan.
  • Alamat, nomor telepon, email. Ketiga informasi ini dibutuhkan untuk mengirimkan CV atau resume dan portofolio yang disyaratkan perusahaan. Pastikan kontak-kontak tersebut masih aktif supaya surat lamaran tak tersesat.

Selain itu, unsur penting lainnya adalah design poster atau gambar iklan yang dibuat. Penyesuaian kombinasi warna background, warna tulisan, jenis dan ukuran huruf yang dipakai serta adanya gambar pendukung akan menentukan menarik tidaknya suatu iklan tersebut. 

Di samping itu menarik tidaknya poster iklan yang ditampilkan mencerminkan atau mewakili brand sebuah perusahaan.
 
Setelah mengetahui strukturnya dan poin-poin yang ada, tinggal saatnya mencari ide untuk membuat konsep iklan yang akan dibuat. Berikut contoh iklan lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris.

Contoh Iklan Lowongan Kerja dan Surat Lamarannya

Respons yang diberikan terhadap iklan lowongan kerja harus diperhatikan baik-baik. Pasalnya, tim HRD akan memeriksa dari mana sang pelamar mendapatkan informasi tersebut hingga ketelitian mereka saat menuliskan detail. Antara lain nama lengkap, pengalaman kerja dan keterampilan yang memenuhi kriteria.

Sebagai bayangan, berikut contoh iklan lowongan kerja untuk desainer grafis (graphic designer) dan contoh surat lamaran yang dikirimkan sebagai tanggapan.

Contoh Teks

A reputable media network in Singapore is looking for a dedicated, dynamic youth to join our team!
GRAPHIC DESIGNER

Requirements as a Graphic Designer:
  • Minimum 2 years working as a Graphic designer
  • Fresh graduated are welcome
  • Age below 30 years
  • Very good knowledge in using Adobe (Photoshop, Illustrator), Corel Draw
  • Team player with positive and bright attidude

Email your resume to hrd@ singaporedesign.com
Contact us at +65 1423XXXX

Contoh Gambar

Contoh Gambar Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris

Contoh surat lamaran kerja yang bisa digunakan dapat dilihat di bawah ini.

Singapore, June 6, 2020

Human Resources Manager
Singapore Design, Inc.
Selayar Raya St. 01
Singapore

Dear, Sir/Madame,

I found your job vacancy on JobsStreet.com three days ago (August 3, 2020) and I would like to apply for the position you offered.

I was graduated from State University of Jakarta in 2016 and majoring in Graphic Design. Previously I worked as a graphic designer at a book publisher for two years. I’ve been working as a freelancer for several top-rated magazines for a year.

Enclosed is my recent portofolio and updated resume. I would appreciate to have an interview opportunity to convince you that my services can be a trustworthy asset for your company. I also hope my educational background and achievement to be considered.

Thank you for your attention. I am looking forward to your company reply.

Sincerely,

Maharani

Dari contoh di atas dapat terlihat bahwa sang pelamar (Maharani) mencantumkan dari mana dan kapan menemukan iklan lowongan kerja tersebut dipajang. Jangan lupa untuk menekankan pengalaman kerja dan berapa lama kalian bekerja di perusahaan sebelumnya.

Contoh Iklan Lowongan Kerja untuk Arsitek

Di balik penghasilan yang cukup besar, profesi arsitek membutuhkan skill tinggi. Masing-masing perusahaan atau agensi yang memerlukan arsitek mempunyai standar kriteria yang harus dipenuhi. 

Berikut contoh iklan lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris untuk profesi tersebut.

Contoh Teks 

HomeBuild, Inc. is looking for a professional Architect!

We are looking for an experienced, detailed-oriented architect who will lead the process of creating functional spaces. You will also lead a variety of high-profiled projects to bring the vision and creative ideas of our trusted clients.

Duties and responsibilities as an Architect:
  • Design structures (buildings, real estate, housing, etc.)
  • Comply with local planning regulations and restrictions and public safety regulations
  • Conduct scheduled meetings to discuss proposals and establish requirements
  • Capture the designs on paper to be produced on detailed drawings
  • Test the designs’ feasibility with current technology
  • Write construction documents, including detailing instruction for contractors and experts in construction
  • Resolve any problems or errors that may arise during construction at the site

Requirements for Architect:
  • Prior experience as an professional architect (min. 5 years)
  • Excellent knowledge of technical programs
  • Graduated as Bachelor of Architect/Master of Architect
  • Training from a program approved by NAAB (National Architectural Accrediting Board)

Email your resume and portfolio to contact@homebuild.com
Contact us at 021-54622251

Contoh Gambar

Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris untuk Arsitek

Contoh Iklan Lowongan Kerja untuk Sekretaris

Profesi berikutnya yang biasanya membutuhkan keterampilan berbahasa Inggris adalah sekretaris. Banyak perusahaan, terutama yang berskala multinasional dan internasional, membutuhkan sekretaris yang cakap berkomunikasi dalam bahasa asing untuk menjalin relasi yang baik dengan klien. 

Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan tersebut akan menyebarkan iklan lowongan kerja dalam bahasa Inggris untuk menjaring calon pelamar yang sesuai.

Berikut adalah contoh iklan lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris untuk sekretaris.

Contoh Teks 

JOB OPPORTUNITY
Ivy Inc. is the leading company. We are now hiring an experienced secretary to help us growing together. 

Responsibilities as a Secretary:
  • Greet and point the right direction for visitors, create a welcoming environment and answer inquiries
  • Organize and maintain important documents (files, databases) in a confidential manner
  • Manage communication skill (phone calls, emails)
  • Take messages, screen and redirect phone calls
  • Arrange and schedule meetings, appointments, and reservations

Qualifications as a Secretary:
  • High school diploma/general education degree (GED) required (Business Administration degree preferred)
  • Prior experience as a secretary for minimum 2 years
  • Proficient computer skills (Office Word, PowerPoint, Excel, Adobe PDF included)
  • Comfortable and flexible with routinely shifting demands
  • Strong written and verbal communication skills
  • Attention to detail
  • Good knowledge in general office equipment

Ready to join our company? Email your resume to career@ivy.com

Contoh Gambar

Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris untuk Sekretaris

Contoh Iklan Lowongan Kerja untuk Akuntan

Satu lagi profesi yang belakangan dicari para sarjana adalah akuntan. Tak dipungkiri kalau pekerjaan ini menawarkan gaji bulanan dengan nilai yang menggiurkan. 

Namun, sebagai pelamar, kalian harus sanggup memenuhi kriteria mengingat akuntan membutuhkan skill yang berkaitan dengan ketelitian. Apalagi kalau kalian mengincar posisi di perusahaan nasional dan internasional, keterampilan lainnya seperti kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan.

Adapun contoh iklan lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris untuk akuntan bisa disimak berikut ini.

Contoh Teks 

Modest Agency is looking for an Accountant to manage financial transaction. 
You will have a variety responsibility to audit financial procedurs and documents, calculating tax payments, and reconciling bank statements. 
You will also provide us with accurate financial information.

Responsibilites as an Accountant:
  • Manage accounting transactions (from fixed payments to variable expenses)
  • Handle closings (monthly, quarterly, annual)
  • Publish/release financial statements in time
  • Manage the report for company’s liquidity and financial health
  • Comply with financial regulations and policies
  • Audit financial documents and financial transactions

Requirements as an Accountant:
  • Prior experience as an accountant for 2 years (minimum)
  • Fresh graduated are welcome (BCs in Finance, Accounting, or relevant degree)
  • Excellent knowledge in accounting procedures and regulations
  • Advanced on Microsoft Excel skills (including pivot tables and Vlookups)
  • Hands-on experiencing on using accounting software (Quickbooks, FreshBooks)
  • Strong attention to detail
  • Good analytical skills

Is this the opportunity you’ve been looking for? 
Email your resume at: modagency@ modestagency.com

Contoh Gambar

Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris untuk Accounting

Contoh Iklan Lowongan Kerja di Koran dalam Bahasa Inggris

Berbeda dari iklan-iklan yang diunggah di website, jenis yang dipajang di koran cenderung lebih singkat. Beberapa di antaranya, terutama iklan baris, hanya memuat data-data penting seperti nama perusahaan, posisi yang ditawarkan, persyaratan dan kontak yang bisa dihubungi.

Berikut dua contoh teks iklan dan gambar lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris yang dimuat di koran.

Contoh Teks

Job Vacany: SALESMAN
  • Experience in using computer
  • Prior experience in selling electrical products for minimum 2 years
  • Good communication skills
  • Willing to work under pressure
Send resume/CV to hrd@raywhite.com

Contoh Gambar

Contoh Gambar Iklan Baris di Koran
Sementara iklan baris biasanya dibuat lebih singkat dan padat dengan format berikut.

Contoh Teks

FOR OUR NEW RESTAURANT BRANCH: Restaurant manager. Executive chef.
Sous chef. Chef de partie. Cooks. Head waiter. Waiters. Cashiers
.
Post CVs to resto@akira.id. Fax to 0987XXXX.

Contoh Gambar

Contoh Gambar Iklan Baris Singkat di Koran

Demikian contoh iklan lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari referensi dan ide untuk membuat iklan.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya