Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online yang Ampuh

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online

Berkat kemajuan teknologi dan informasi, kini banyak hal yang semakin mudah dilakukan. Salah satunya ialah melamar pekerjaan melalui email perusahaan maupun portal lainnya. Untuk mendapatkan pekerjaan baru , kalian harus menyiapkan surat lamaran kerja online

Meskipun tidak diserahkan melalui bentuk hardcopy, tetapi kualitas dari pembuatan surat lamaran tetap harus diperhatikan. Pembuatan surat lamaran kerja akan menentukan apakah kalian memiliki peluang untuk diterima atau tidak.


Cara Melakukan Lamaran Kerja Online 

Melamar sebuah pekerjaan secara online memang lebih efisien dan mudah dibandingkan jika kita datang langsung ke perusahaan. Namun, tetap saja sebagai pelamar kita perlu mengetahui bagaimana cara melamar pekerjaan secara online dengan benar. 

Dengan melakukan langkah yang tepat maka kemungkinan lamaran dilihat oleh HRD akan semakin besar. Tidak menutup kemungkinan pula kalian akan mendapatkan respon dari perusahaan dan mendapat panggilan interview. 

Dokumen atau berkas untuk melamar secara online juga tidak jauh berbeda. Hanya bedanya berkas yang diperlukan biasanya berupa file yang nantinya harus diunggah. 

Proses melamar bisa dengan mengisi form secara langsung di situs perusahaan pembuka lowongan pekerjaan, atau bisa dengan mengirimkan lamaran via email. Hal tersebut tergantung dari permintaan masing-masing perusahaan. 

Berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengirim surat lamaran kerja via email. 

1. Menyiapkan Berbagai Berkas Penting yang Diperlukan

Dalam melamar pekerjaan baik secara online maupun offline, terdapat beberapa dokumen yang harus disertakan. Dengan mempersiapkan data-data yang relevan akan membuat perusahaan menilai kalian lebih siap dalam mempersiapkan lamaran. 

Dokumen yang diperlukan diantaranya adalah: 
  • Surat lamaran kerja 
  • CV terbaru 
  • Salinan transkrip nilai dan ijazah terakhir 
  • Pas foto
  • Berkas penting lainnya yang diminta perusahaan misalnya kartu identitas, sertifikat pelatihan dan lain sebagainya

Semua file tersebut dikirimkan secara bersamaan tentunya dengan kualitas yang baik. Perhatikan pula ukuran dokumen yang dikirimkan jangan terlalu besar dan gunakan format dokumen yang tepat seperti pdf, jpeg dan sebagainya. 

2. Kirim Lamaran Dengan Profesional

Bagaimana cara kita mengirim lamaran melalui email ke perusahaan dapat menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Kita harus memperhatikan beberapa hal seperti alamat email yang digunakan.

Pastikan bahwa kalian menggunakan alamat email yang baik. Alamat email yang tepat merupakan nama kita sendiri dan bukan nama alias maupun nama yang terkesan tidak profesional.

Beberapa contoh alamat email yang kurang baik misalnya: andiboyz@gmail.com, sofyan1990@yahoo.com, ibnugaul@ymail.com dan lain-lain. Perhatikan nama-nama pada alamat email tersebut. Terdapat penggunaan kata yang tidak jelas dan tidak professional seperti penggunaan kata “boyz”,”gaul”, penggunaan angka dan masih banyak contoh lainnya.

Segera buat email baru jika kalian belum memiliki alamat email yang baik.

Selain itu, bagian isi dari email pengiriman lamaran kerja perlu diperhatikan penulisannya dengan mengikuti standar yang benar. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Isi subjek email dengan posisi yang ingin dilamar
  • Jangan biarkan bagian badan email kosong, tulis dengan perkenalan singkat dan posisi yang ingin dilamar 
  • Gunakan bahasa yang sopan dan profesional 
  • Lampirkan file yang diperlukan

Tulislah email semenarik mungkin sehingga HRD perusahaan tertarik untuk melihat lamaran kita. Pastikan alamat email perusahaan sudah benar dan tidak ada salah ketik dalam pengiriman email.

3. Perhatikan Waktu Pengiriman Lamaran

Meskipun kalian bisa kapan saja mengirim lamaran kerja secara online, namun tetap perhatikan waktu untuk mengirim lamaran. Waktu terbaik untuk mengirim lamaran kepada perusahaan merupakan ketika jam kerja.

Pilihan waktu tersebut pada umumnya berada diantara pukul 09.00 - 12.00 dan 13.00-16.00.

Melakukan pengiriman lamaran kerja melalui email harus tetap dilakukan dengan sopan dan profesional. Hal ini menunjukkan bahwa kita bersungguh-sungguh untuk mendapatkan posisi yang tersedia.


Susunan Pembuatan Surat Lamaran Kerja Online

Surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang sangat penting dalam proses melamar suatu posisi pekerjaan. Sebelum memanggil kandidat yang sesuai, HRD suatu perusahaan akan menyaringnya melalui surat lamaran pekerjaan.

Para calon kandidat yang ingin mendaftar suatu posisi di perusahaan harus mampu meyakinkan HRD untuk memanggil mereka dalam interview. Diantara ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya, kita harus bisa menarik perhatian perusahaan.

Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara membuat lamaran pekerjaan online dengan tepat? Berikut ini ialah susunan ketika membuat surat lamaran kerja online.

1. Bagian Pembukaan

Dalam membuat surat lamaran, kita perlu membuat salam pembukaan yang ditujukkan kepada bagian HRD perusahaan maupun pihak terkait. Pilihlah bahasa yang tepat dan formal dan jangan lupa untuk sebutkan nama perusahaan yang dituju. 

2. Bagian Isi

Pada bagian isi ini, sebutkan apa yang menjadi tujuan dalam mengirimkan surat lamaran. Sebutkan bahwa kalian ingin melamar posisi pekerjaan yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Sertakan juga darimana kita mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut. Berbagai informasi bisa berasal dari media sosial, website perusahaan hingga informasi dari karyawan perusahaan tersebut.

Pada bagian isi ini jelaskan secara singkat mengenai diri kita mulai dari pendidikan terakhir hingga beberapa kelebihan yang dimiliki. Jangan lupa untuk sertakan informasi mengenai dokumen yang dilampirkan. 

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup ini ucapkan kalimat yang membuat kita terlihat sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan tujuan. Jangan lupa untuk sampaikan terima kasih untuk perusahaan yang telah bersedia membaca surat lamaran kita.

Pembuatan surat lamaran online dengan offline tidak jauh berbeda. Sebagai pelamar, kita harus bisa menarik perhatian HRD perusahaan agar bisa lolos ke tahap selanjutnya.


Contoh Surat Lamaran Kerja Online 

Bingung bagaimana cara membuat lamaran kerja secara online? Berikut contoh surat kerja lamaran online dalam format Word yang bisa kalian simak.

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari instagram @karirBCA terkait dengan lowongan pekerjaan untuk posisi Credit Analyst di Bank BCA cabang MT Haryono, maka dengan ini saya: 

Nama:   Muhaimin Iskandar
Tempat/Tanggal Lahir:   Makassar, 19 Agustus 1992
Pendidikan:   S1 Manajemen Keuangan
Alamat:   Jalan Kebangsaan Nomor 4, Bandung
Telepon:   08562892012
Alamat Email:   iskandar@gmail.com

Bersama surat ini saya bertujuan untuk melamar pekerjaan untuk posisi yang dibutuhkan. Saya memiliki pengalaman sebagai Credit Analyst selama satu tahun terakhir dan memiliki semangat belajar dan selalu ingin mencoba tantangan baru.

Saya juga melampirkan berkas yang sesuai dengan persyaratan yaitu: 
  1. CV
  2. Salinan Ijazah
  3. Salinan KTP
  4. Surat pengalaman kerja
Demikian surat lamaran ini saya tujukan kepada Bapak/Ibu untuk bisa dijadikan pertimbangan. Saya berharap bisa bergabung dan berkontribusi bersama Bank BCA. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih. 

Hormat saya, 

Muhaimin Iskandar 

Contoh Lamaran Kerja Via Email 

Berikut adalah contoh membuat email untuk melamar pekerjaan secara online.

Contoh Lamaran Kerja Via Email

Pembuatan CV Online

Selain surat lamaran yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan, CV merupakan hal penting lainnya yang tidak bisa dilupakan. Hadirnya CV merupakan langkah awal bagi kita untuk menarik perhatian HRD.

Pembuatan CV harus dilakukan dengan serius karena banyaknya pesaing yang akan dihadapi untuk merebutkan satu posisi pekerjaan. Tidak perlu khawatir, kami akan membantu kalian untuk membuat CV terbaik.

Sebelum membuat CV perhatikan apa saja yang hal-hal yang harus dimuat di dalamnya.

1. Data Pribadi

Hal pertama yang harus dimuat dalam CV ialah data pribadi. Data pribadi ini mencakup nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon serta alamat email pribadi.

Pastikan kita menuliskan nama lengkap dan bukan nama panggilan serta pastikan nomor handphone dan alamat email masih aktif. Sehingga jika ada panggilan interview, perusahaan bisa menghubungi kalian dengan cepat. 

2. Deskripsi Diri

Dalam CV, kita juga harus membuat deskripsi diri yang menarik untuk mempromosikan diri. Buatlah kalimat yang singkat, ceritakan tentang diri kita dalam 3 hingga 4 kalimat.

Pilihlah susunan kalimat yang mampu membuat perekrut ingin mengetahui tentang diri kita secara langsung. Tulislah mengenai siapa diri kita, keahlian apa yang dimiliki serta tujuan dalam berkarir. 

3. Pendidikan dan Pelatihan

Pendidikan formal yang pernah kita tempuh perlu dimasukkan dalam pembuatan CV. Jenjang pendidikan yang perlu dimasukkan ialah dari Sekolah Menengah Atas hingga pendidikan terakhir. Tidak perlu Anda memasukkan sekolah dari tingkat Sekolah Dasar.

Selain mencantumkan pendidikan formal, kita juga bisa mencantumkan pelatihan informal yang diikuti. Apalagi pelatihan tersebut sudah memiliki sertifikat dan berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dilamar.

Perekrut akan menilai bahwa kita memiliki keahlian dan kelebihan dibanding dengan pesaing lainnya. 

4. Pengalaman

Pengalaman kerja merupakan hal yang sangat penting untuk dicantumkan saat melamar pekerjaan. Dalam kondisi tertentu, perusahaan akan lebih menyukai pelamar yang memiliki pengalaman dibidang yang sama daripada pelamar fresh graduate.

Bagi para lulusan baru, kalian bisa mencantumkan pengalaman mengikuti berbagai organisasi maupun acara kampus yang pernah diikuti. Cantumkan pula pengalaman magang yang pernah dilakukan selama kuliah.

Hal ini akan memperlihatkan bahwa kita sudah terbiasa bekerja sama dengan orang lain. Jangan lupa dijelaskan secara singkat apa saja tanggung jawab kalian dalam melakukan pekerjaan sebelumnya. 

5. Keahlian Tambahan & Prestasi

Pada bagian terakhir cantumkan keahlian yang dimiliki seperti kemampuan bahasa inggris maupun softskill lainnya. Bagi kalian yang melamar menjadi desain grafis misalnya, cantumkan jenis software yang dikuasai beserta dengan tahap dimana kalian menguasainya.

Bagi para mahasiswa yang sering mengikuti lomba dan berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar, maka jangan ragu untuk dicantumkan. Tulis daftar prestasi yang pernah diraih dan siapa yang menyelenggarakan lomba tersebut.

Hal-hal tersebut dapat menjadi nilai lebih dan dapat menjadi bahan pertimbangan di mata HRD. Terlebih jika keahlian tambahan dan prestasi tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Maka kalian bisa menjadi kandidat yang patut diperhitungkan bagi perusahaan.

Membuat CV Online Menarik

Kini semua orang bisa menciptakan beragam CV terbaik dengan bantuan berbagai website yang gratis digunakan. Contoh situs gratis untuk membuat CV online adalah di situs GetHired. Kita hanya perlu mendaftar saja untuk dapat masuk, bisa dengan email atau dengan akun facebook kita. Setelah mendaftar kita bisa langsung mulai membuat CV dengan berbagai template yang menarik.

Contoh CV online menarik dengan template yang dibuat di situs tersebut.

Membuat CV Online Menarik


Selain membuat di situs online, kita juga bisa membuat CV melalui aplikasi Word di komputer dan menulisnya secara sederhana.

Berikut ini ialah contoh CV yang sederhana dan menarik.

Curriculum Vitae 

Data Pribadi
Nama:   Zulkifli Hasan
Tanggal Lahir:   29 Januari 1990
Alamat:   Jalan Majelis Nomor 14, Jakarta
Agama:   Islam
Handphone:   085633776655
Email:   zulkifli@gmail.com

Profil
Saya merupakan seorang pekerja keras yang cepat belajar mengenai hal baru dan bersemangat ketika bekerja sama dengan orang lain. Dengan pengalaman yang dimiliki, saya memiliki tujuan karir menjadi seorang programmer profesional dan ahli.

Pendidikan
2005 - 2008: SMA N 1 Bandung
2008 - 2012: Universitas Brawijaya, Jurusan Sistem Informasi

Pelatihan dan Sertifikasi
Associate Android Developer
Mobile Web Specialist
Google Cloud Certified - Professional Data Engineer

Pengalaman Kerja
2012 - 2014: PT Optika Indo
2014 - 2016: PT Netmedia
2016 - sekarang: PT Digital Media Indonesia

Keahlian
● Visual Studio
● .Net
● C#

Kalian bisa membuat CV dengan lebih kreatif dengan pemilihan warna dan jenis huruf yang tepat. Namun, jangan sampai CV dibuat terlalu berlebihan dan membuat perekrut tidak nyaman membuatnya.

Ketika mengirimkan lamaran pekerjaan secara online, kita tetap harus profesional dan bersungguh sungguh. Persiapkan semua hal dengan baik mulai dari surat lamaran kerja, CV hingga berkas pendukung yang diperlukan.

Pastikan dalam membuat CV adalah yang terbaru dan surat lamaran kerja yang disesuaikan dengan perusahaan tujuan. Semakin baik lamaran pekerjaan yang dikirimkan beserta dengan CV yang menarik, maka peluang untuk diterima sebagai kandidat semakin besar.

Dengan mengikuti langkah langkah dan contoh surat lamaran kerja online yang tersedia, maka melamar kerja online akan menjadi lebih efektif.

Selamat mencoba.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya