Rangkuman Definisi Pidato Menurut Para Ahli Lengkap

Rangkuman Definisi Pidato Menurut Para Ahli Lengkap
Rangkuman Definisi Pidato Menurut Para Ahli Lengkap

Berpidato merupakan salah satu jenis kegiatan berbicara di depan umum, seperti halnya presentasi, ceramah, khotbah, orasi ataupun kampanye. Beberapa contoh pidato misalnya adalah pidato presiden, pidato pimpinan sebuah perusahaan, pidato kepala sekolah dan lain-lain.

Pidato juga merupakan salah satu bentuk komunikasi satu arah, yang umumnya disampaikan dalam bentuk kata-kata dan dibawakan oleh seseorang yang memberi pidato kepada pendengar atau audience.

Tidak semua orang memiliki ketrampilan tersebut karena berbicara di depan orang banyak bukanlah hal yang mudah meskipun sepertinya sepele. Karena ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti ekspresi, gestur atau postur tubuh, intonasi suara serta yang tidak kalah penting adalah kesiapan mental.

Kata pidato sendiri memiliki arti yang dapat kita lihat dari berbagai sudut pandang. Ada pengertian pidato menurut KBBI, Depdikbud maupun definisi pidato menurut para ahli. Berikut penjelasan mengenai pengertian dari kata pidato yang dirangkum dari berbagai sumber.

Arti Kata Pidato Menurut KBBI

KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan sebuah kamus resmi bahasa Indonesia yang terlengkap dan akurat, sehingga Kamus ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku.

Menurut KBBI kata pidato memiliki arti :

  1. Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.
  2. Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.
Sedangkan berpidato artinya ialah menyampaikan pidato.

Pengertian Pidato Menurut Depdikbud

Depdikbud merupakan singkatan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Namun sejak tahun 2011 istilah departemen diganti menjadi kementerian sehingga menjadi Kemendikbud atau Kemdikbud yang merupakan singkatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Depdikbud, pidato adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. ( Depdikbud, 1990: 681 )

Definisi Pidato Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian pidato menurut pendapat para ahli.

1. Arsjad

Berpidato adalah menyampaikan dan menanamkan pikiran, informasi atau gagasan dari pembicara kepada khalayak ramai dan bermaksud meyakinkan pendengarnya. ( Arsjad, 1988: 53 )

2. Badudu

Pidato adalah penyampaian gagasan, pikiran atau informasi serta tujuan dari pembicara kepada orang lain (audience) dengan cara lisan. ( Badudu, 2012: 9 )2. Emha Abdurrahman
Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau masalah dengan menggunakan kalimat yang jelas di hadapan orang banyak pada waktu tertentu.

3. Juanda

Pidato adalah penyajian lisan kepada sekelompok massa. Seorang berbicara secara langsung di atas podium atau mimbar dan isi pembicaraannya diarahkan kepada orang banyak. ( Juanda, 2007: 95 )

4. Karomani

Pidato merupakan wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Pidato umumnya ditujukan kepada orang atau sekumpulan orang untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu dan lain sebagainya. ( Karomani, 2011: 12 )

5. Rakhmat

Pidato adalah komunikasi tatap muka, yang bersifat dua arah, yakni pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya, walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. ( Rakhmat, 2009: 78 )

6. Saksomo

Berpidato merupakan penampilan diri seseorang di hadapan pendengar untuk menyampaikan isi hati atau buah pikiran dengan rangkaian kata-kata dengan harapan agar pendengar tergugah hati nuraninya dan tergerak pikirannya. ( Saksomo, 2009: 53 )

7. Syam

Pidato adalah teknik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan tersebut. ( Syam, 2006: 7 )

8. Wirajaya

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato juga berarti kegiatan seseorang yang dilakukan di hadapan orang banyak dengan mengandalkan kemampuan bahasa sebagai alatnya. ( Wirajaya, 2008:123 )

Susunan Atau Kerangka Pidato Terdiri Dari 3 Bagian
Susunan Atau Kerangka Pidato Terdiri Dari 3 Bagian

Susunan Pidato

Secara garis besar susunan atau kerangka pidato terdiri dari 3 bagian yaitu pembuka, isi dan penutup.

1. Pembuka

Bagian pembuka dapat berisi salam, ucapan selamat pagi/siang, ucapan hormat kepada tamu penting dan perkenalan diri. Selain itu dapat berisi ucapan syukur dan terima kasih.
Pada bagian pembuka juga bisa berisi gambaran mengenai hal yang akan disampaikan.

2. Isi

Bagian isi atau inti dari pidato berisikan infromasi, gagasan, maksud dan tujuan yang ingin dikemukakan. Isi dari pidato harus jelas, tegas dan dapat dimengerti audience.

3. Penutup

Bagian penutup adalah akhir dari pidato yang biasanya berisi kesimpulan, permohonan maaf, ucapan terima kasih dan salam.

Kesimpulan 

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat, pernyataan, gagasan, ide, petunjuk atau nasehat.

Atau, pidato adalah berbicara di hadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu hal atau memberikan gambaran tentang suatu hal dalam situasi tertentu.