Contoh Pidato Singkat Tentang Pemanasan Global 2021

Kali ini penulis akan berbagi referensi mengenai Contoh Pidato Singkat Tentang Pemanasan Global bagi para pembaca. Sebelum ke contoh teks pidatonya, penulis akan membahas secara lengkap pendahuluan mengenai pemanasan global supaya pembaca memahami lebih dulu apa yang akan dipidatokan sehingga nantinya akan menguasai topiknya.

Bagi yang belum tahu bisa baca terlebih dahulu mengenai materi pidato secara lengkap.
Contoh Pidato Singkat Tentang Pemanasan Global
Contoh Pidato Singkat Tentang Pemanasan Global

Mewaspadai Fenomena Pemanasan Global

Istilah pemanasan global sudah tak asing lagi bagi kita karena isu tersebut sudah lama menjadi permasalahan global. Meskipun terdapat silang pendapat, apakah pemanasan global hanya mitos atau bukan, namun fenomena alam sudah menunjukkan gejala yang tidak biasa.

Sudah saatnya masyarakat dunia mulai waspada akan fenomena ini, mengingat sudah kita rasakan efeknya saat ini. Bukan efek baik, melainkan efek buruk.

Suhu di siang hari yang terasa lebih panas dari biasanya, kekeringan dan kebakaran hutan, kemarau yang tidak menentu, hanyalah beberapa efek kecil. Masih banyak efek buruk yang lebih besar akibat terjadinya pemanasan global.

Jika tidak ditangani dari sekarang, akan ada dampak yang lebih besar dan serius ke depannya.

Lalu, apa itu fenomena pemanasan global? Mengapa bisa terjadi? Berikut pembahasannya.

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global atau disebut juga global warming, adalah meningkatnya suhu rata-rata di permukaan bumi. Naiknya suhu panas ini meliputi atmosfer, daratan bumi dan lautan.

Menurut berbagai sumber, pemanasan global mulai terjadi sejak sekitar abad 18-19 atau sekitar tahun 1940an. Fenomena ini tidak lepas dari bermulanya revolusi industri, dimana penggunaan mesin berbahan bakar minyak mulai digunakan secara besar-besaran.

Untuk lebih memudahkan dalam memahaminya, simak penjelasan singkat video berikut.


Proses Terjadinya Pemanasan Global

Sebelum lanjut, ada baiknya kita tahu proses terjadinya pemanasan global agar lebih paham mengapa fenomena ini dapat terjadi.

Panas sinar matahari yang dipancarkan ke bumi, sebagiannya diserap oleh atmosfer. Pada atmosfer bumi terdapat sekitar 78% gas nitrogen, 21% gas oksigen serta sisanya sebanyak 1% terdiri dari beberapa gas lainnya.

Gas tersebut yang sebanyak 1% terdiri dari karbondioksida, ozon, metana , uap air dan lain-lain. Nah, gas-gas tersebut dinamakan gas rumah kaca. Gas-gas itulah yang berfungsi menyerap panas radiasi sinar matahari ke bumi.

Gas rumah kaca dapat diibaratkan sebagai selimut yang menjaga suhu di bumi agar tetap pada suhu kondusif bagi manusia. Andaikan tidak ada gas tersebut, diperkirakan suhu di bumi akan menjadi sangat dingin, yakni sekitar -20 derajat celcius.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pada revolusi industri terjadi penggunaan mesin dalam kegiatan industrinya. Dengan kata lain akan terjadi polusi udara akibat gas buang, terutama karbondioksida, dari penggunaan mesin tersebut. Selain itu karbondioksida juga dihasilkan dari pembakaran batu bara, minyak serta gas bumi.

Radiasi sinar matahari yang tidak terserap di atmosfer dan masuk kebumi, akan dipantulkan kembali ke atas. Jika konsentrasi gas rumah kaca tersebut makin bertambah, radiasi yang dipantulkan ke atas dan seharusnya kembali ke ruang angkasa, akan terperangkap di atmosfer.

Hal itu menyebabkan suhu panas di bumi menjadi meningkat, dengan kata lain menjadi semakin hangat. Padahal kenaikan suhu hanya berkisar 1 derajat celcius saja dibanding dengan sebelum revolusi industri.

Inilah apa yang dimaksud dengan pemanasan global.

Penyebab terjadinya Pemanasan Global

Penyebab terjadinya Pemanasan Global
Penyebab terjadinya Pemanasan Global

Setelah kita memahami proses tadi, dapat disimpulkan penyebab terjadinya pemanasan global berikut ini.

1. Polusi udara

Penyumbang terbesar naiknya suhu di bumi adalah adanya polusi udara, terutama karbondioksida dan metana. Kedua gas tersebut adalah gas rumah kaca yang dapat memerangkap panas di atmosfer bumi sehingga terjadilah yang dinamakan efek rumah kaca.

Gas karbondioksida dihasilkan dari aktivitas pabrik, penggunaan kendaraan bermotor dan pembangkit listrik. Pembangkit listrik menggunakan bahan bakar saat beroperasi sehingga menghasilkan karbondioksida yang mengakibatkan polusi udara.

Gas metana dihasilkan dari aktivitas pertanian dan peternakan. Penggunaan pupuk yang berlebihan dalam aktivitas pertanian dapat menghasilkan polusi berupa metana. Peternakan dalam skala besar juga menghasilkan limbah berupa metana.

Pembusukan sampah organik dan dan penumpukan sampah juga turut menyumbang metana dalam jumlah yang besar.

Selain karbondioksida dan metana, gas lain penyebab terjadinya pemanasan global adalah CFC atau Chlorofluorocarbons. CFC adalah zat kimia berupa gas yang biasa dipakai pada alat pendingin misalnya AC dan kulkas. Jika gas tersebut lepas ke udara akan menyebabkan efek rumah kaca.

2. Berkurangnya lahan hutan

Kita tahu bahwa pohon yang ada di hutan dapat menyerap karbondioksida. Hutan di Indonesia merupakan salah satu paru-paru dunia selain hutan amazon, yang ikut andil dalam membersihkan udara di bumi.

Beberapa penyebab berkurangnya hutan antara lain dikarenakan penebangan pohon secara besar-besaran dan terjadinya kebakaran hutan.

Jika pohon di hutan ditebang secara berlebihan, atau terjadinya kebakaran hutan, akan mengurangi kemampuan hutan untuk menyerap karbondioksida yang berada di udara. Sehingga secara tidak langsung jumlah karbondioksida yang terlepas ke atmosfer makin bertambah.

Dampak Buruk akibat Pemanasan Global

Dampak Buruk akibat Pemanasan Global
Dampak Buruk akibat Pemanasan Global

Terjadinya pemanasan global ternyata menimbulkan dampak yang serius. Hal tersebut antara lain:

1. Naiknya suhu di bumi dan air laut

Siang hari akan terasa lebih panas dari sebelum-sebelumnya akibat dari naiknya gelombang panas bumi. Kita menjadi sering merasa gerah dan panas meskipun tidak terkena sinar matahari langsung.

Selain itu air laut menjadi semakin hangat yang dapat mempengaruhi kehidupan laut seperti misalnya populasi ikan, terumbu karang dan biota laut lainnya.

2. Naiknya permukaan air laut

Saat suhu panas di bumi naik akan mengakibatkan dua hal. Yang pertama permukaan laut akan menghangat sehingga volumenya akan bertambah.

Yang kedua akan mencairkan gletser, lapisan es serta batu-batu atau gunung es yang berada di kutub sehingga menambah volume air laut.

Dua hal tersebut membuat permukaan laut naik. Dengan naiknya permukaan laut akan menenggelamkan sejumlah daratan dan pulau-pulau yang ada di bumi.

3. Terjadinya cuaca ekstrem 

Dampak berikutnya akibat pemanasan global yaitu perubahan cuaca menjadi tak menentu sehingga menyebabkan timbulnya cuaca ektrem. Akibatnya banyak terjadinya kemarau panjang dan kekeringan, musim hujan yang tak menentu serta banjir yang melanda.

Contoh Pidato Tentang Pemanasan Global

Contoh Pidato Tentang Pemanasan Global 2021
Contoh Pidato Tentang Pemanasan Global

Membuat Kerangka Pidato

Sebelum berpidato dengan tema pemanasan global, alangkah baiknya menyusun kerangka terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempermudah saat kita berpidato. Secara umum kerangka pidato terdiri dari:
  • Salam pembuka, berisi ucapan salam dan penghormatan kepada para hadirin.
  • Pendahuluan, berisi sepatah dua patah kata tentang tujuan kita di acara tersebut.
  • Isi pidato, yakni berisi pengertian pemanasan global, penyebab, serta dampak buruknya.
  • Kesimpulan, berisi ajakan dan himbauan kepada para hadirin.
  • Salam penutup.

Teks Pidato

Berikut adalah contoh teks pidato tentang pemanasan global.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu guru. Dan yang saya sayangi teman-teman semua. Pertama-tama mari kita panjatkan doa dan syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, sehingga kita dapat berkumpul di acara ini.

Hadirin yang saya hormati, ijinkan saya dalam kesempatan ini untuk menyampaikan pidato tentang pemanasan global. Patut kita sadari bahwa akhir-akhir ini cuaca di siang hari menjadi semakin panas. Hal ini tidak lepas dari adanya fenomena pemanasan global atau global warming.

Tahukah kalian apa itu pemanasan global? Pemanasan global adalah naiknya suhu bumi sebagai akibat dari meningkatnya jumlah gas rumah kaca yang berfungsi menyerap radiasi sinar matahari. Akibatnya adalah di siang hari hawa yang kita rasakan akan lebih panas dari biasanya. Memang sudah lama terjadinya fenomena ini, namun baru kita sadari efeknya saat ini.

Lalu kenapa pemanasan global bisa terjadi? Sebagian besar terjadi karena aktivitas manusia seperti adanya pabrik dan kendaraan bermotor yang menimbulkan polusi di udara. Polusi di udara tersebut akan menimbulkan efek rumah kaca karena konsentrasi gas rumah kaca meningkat.

Selain itu pemanasan global terjadi juga dikarenakan terjadinya penebangan hutan secara liar. Berkurangnya lahan hutan tersebut menjadikan berkurangnya penghijauan yang dapat membantu mengurangi gas rumah kaca.

Isu pemanasan global menjadi hal yang penting kita perhatikan, mengingat adanya dampak buruk yang ditimbulkan. Hal tersebut antara lain:
 
1. Naiknya suhu bumi sehingga hawa di siang hari akan terasa lebih panas.
2. Naiknya permukaan laut karena mencairnya gunung es akibat naiknya suhu bumi.
3. Terjadinya cuaca ekstrem sehingga mengakibatkan terjadinya musim yang tak menentu, kemarau panjang dan banjir.

Melihat adanya efek negatif yang ditimbulkan dari adanya pemanasan global, sudah semestinya kita melakukan hal-hal yang dapat membantu mengurangi terjadinya pemanasan global. Lakukanlah hal-hal yang kecil dan mudah di keseharian kita seperti:
1. Mematikan listrik yang tidak perlu, atau mengurangi penggunaan listrik.
2. Melepas charger dari stop kontak jika tidak digunakan.
3. Mematikan AC saat meninggalkan ruangan.
4. Mengurangi penggunaan kertas.
5. Mulailah menanam tanaman atau pepohonan di lingkungan sekitar kita.
6. Gunakan kendaraan umum untuk mengurangi polusi dan hemat bahan bakar.

Mulailah dari melakukan hal yang kecil, dari diri kita sendiri dan dari sekarang. Saya yakin hal-hal kecil yang kita lakukan tanpa disadari akan menjadi sesuatu yang besar suatu saat nanti jika kita melakukannya secara bersama.

Oleh karena itu saya berharap setelah pidato ini, kita semua lebih menyadari akan pentingnya menjaga bumi kita bersama-sama. Tidak untuk kita saja hari ini, namun untuk generasi kita juga selanjutnya nanti.

Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan pada acara dan kesempatan ini. Terima kasih atas waktunya dan kurang lebihnya mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan.

Akhir kata, wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato tentang Pemanasan Global dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh teks pidato tentang pemanasan global dalam bahasa Inggris.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Good morning, Mr / Ms teacher. And what I love, all of my friends. First of all, let's say a prayer and gratitude for the blessings given by Allah SWT, so that we can gather at this event.

Distinguished guests, allow me to take this opportunity to deliver a speech about global warming. We should be aware that recently the weather during the day is getting hotter. This is inseparable from the global warming phenomenon.

Do you know what global warming is? Global warming is an increase in the earth's temperature as a result of the increasing amount of greenhouse gases that function to absorb solar radiation. The result is that during the day the air we feel will be hotter than usual. Indeed, this phenomenon has been occurring for a long time, but we are only now aware of its effect at this time.

Then why did global warming occur? Most of these occur due to human activities such as factories and motorized vehicles that cause pollution in the air. Pollution in the air will cause a greenhouse effect because the concentration of greenhouse gases increases.
In addition, global warming is also due to illegal logging. The reduction in forest land means less greening, which can help reduce greenhouse gases.

The issue of global warming is an important matter for us to pay attention to, given the bad effects it causes. These include:
1. The temperature of the earth rises, so that the air during the day will feel hotter.
2. Sea level rise due to melting icebergs due to rising earth temperatures.
3. The occurrence of extreme weather resulting in erratic seasons, long droughts and floods.

Seeing the negative effects caused by global warming, we should do things that can help reduce global warming. Do small and easy things in our daily life such as:
1. Turn off unnecessary electricity, or reduce electricity usage.
2. Unplug the charger from the socket when not in use.
3. Turn off the AC when leaving the room.
4. Reduce paper usage.
5. Start planting plants or trees in the environment around us.
6. Use public transportation to reduce pollution and save fuel.

Start small, from ourselves and from now on. I'm sure the little things we do without realizing it will become big one day if we do it together.

Therefore, I hope that after this speech, we will all be more aware of the importance of protecting our planet together. Not only for us today, but for our next generation as well.

That is very little that I can say at this event and opportunity. Thank you for your time and more or less apologize if there are words that are not pleasing.

Finally, wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Contoh Pidato Singkat Tentang Pemanasan Global yang semoga dapat dijadikan referensi bagi sobat semua.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya