Tingkatkan Kesehatan Otak dengan Rasa Ingin Tahu


Tingkatkan Kesehatan Otak dengan Rasa Ingin Tahu

Kesehatan Otak. Beberapa orang mungkin memiliki sifat ingin tahu yang tinggi ataupun sifat suka berpetualang. Namun tahukah kalian bahwa sifat ingin tahu yang kita miliki tersebut dapat berpotensi meningkatkan fungsi kinerja otak kita, meskipun banyak faktor dan hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membuat otak sehat. Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai kesehatan otak.

Kesehatan Otak


Berawal dari sebuah studi yang dilakukan dan diterbitkan jurnal Science, tim ilmuwan dari Jerman melakukan penelitian dengan latar belakang keingintahuan tentang mengapa pasangan kembar identik tidak memiliki karakter yang sama persis, dan bahkan dibesarkan di lingkungan yang sama pula. Sebagai media penelitian, para ilmuwan tersebut menggunakan 40 ekor tikus untuk mempelajari gen yang dibuat identik.

Tikus-tikus tersebut dipasangi mikrochip khusus yang dapat memancarkan sinyal elektromagnetik sehingga para peneliti dapat menyusuri perilaku tikus-tikus tersebut. Lalu semua tikus tersebut ditempatkan dalam kandang lima tingkat dan terhubung dengan pipa-pipa kaca. Kandang dengan luas lima meter ini diisi dengan bermacam-macam mainan, alat stimulasi, tempat istirahat dan benda-benda lainnya. Tujuan dari dibuatnya langkungan tersebut adalah agar setiap tikus bisa mendapatkan pengalaman individual.

Hasilnya adalah seiring dengan berjalannya waktu, tikus-tikus tersebut semakin menunjukkan perbedaan pada perilakunya. Meski mempunyai persamaan genetik dan lingkungan tempat mereka tinggal, tikus-tikus ini mengembangkan masing-masing kepribadian yang berbeda setelah kurun waktu tiga bulan. Faktor yang menjadi penyebabnya adalah bahwa ada tikus yang suka menjelajah dan ada yang tidak suka menjelajah.

Setelah para peneliti memeriksa aktivitas otak dari tikus-tikus yang suka menjelajah, mereka mendapati otak tersebut membangun saraf-saraf yang baru. Proses membangun saraf baru tersebut dikenal dengan istilah neurogenesis. Sedangkan pada tikus-tikus yang tidak suka menjelajah tidak ditemukan pembentukan saraf baru tersebut dan hanya menunjukkan tingkat pertumbuhan otak yang kecil.

Kesimpulan yang didapat melalui penelitian tersebut adalah bagaimana suatu pengalaman pribadi dan perilaku yang menyertai dapat berkontribusi terhadap individualisasi karakter. Selain itu bukan hanya genetika atau lingkungan secara terpisah saja yang dapat memicu pertumbuhan personal seseorang. Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah untuk menjelajah ha-hal yang baru untuk memperkaya dan meningkatkan kesehatan otak.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya