Fakta Tentang Tradisi Pernikahan Unik Di Dunia


Tradisi Pernikahan Unik Di Dunia

Tradisi pernikahan unik di dunia. Sebuah pernikahan sudah selayaknya terdapat tradisi dalam perayaannya di tiap-tiap negara. Seperti kata pepatah " Lain lubuk lain ikannya " lain bangsa berbeda pula tradisinya dalam hal pernikahan. Tradisi tetap hidup dalam masyarakat karena tradisi merupakan sebuah kesepakatan bersama oleh suatu komunitas di suatu wilayah, meskipun terkadang dinilai unik dan aneh.

Beberapa negara mempunyai tradisi pernikahan yang unik di dunia mulai dari wajib menangis selama sebulan penuh hingga mengharuskan menculik pengantin wanita. Berikut adalah kumpulan tradisi pernikahan-pernikahan unik di dunia.

  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 1 : MENANGIS SELAMA SEBULAN PENUH
Tradisi pernikahan unik ini berasal dari China yang mewajibkan pengantin wanita menangis selama sebulan penuh sebelum hari H. Kemudian tradisi akan dilanjutkan dengan festival menangis yang dihadiri oleh ibu, adik, kakak, bibi hingga nenek, intinya semua anggota keluarga yang berjenis kelamin perempuan.

Belum berhenti di situ, pada hari H pernikahan sang pengantin wanita juga masih harus menyanyikan lagu-lagu sedih yang menyayat hati.

  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 2 : MENCULIK PENGANTIN WANITA
Umumnya, bagi mereka sebagai sepasang pengantin sangat tak sabar menyambut malam pertama mereka yang indah. Selain itu biasanya mereka juga secara khusus menyiapkan hal-hal yang romantis. Namun berbeda dalam tradisi pernikahan di Itali tepatnya di kota Roma. Usai pernikahan acara dilanjutkan dengan tradisi yang unik yaitu pengantin pria menculik pengantin wanita.

Jika sang pengantin pria berhasil menculik dan menyekap pengantin wanita selama dua atau tiga hari, maka dikatakan wanita tersebut telah resmi menjadi istrinya. Tradisi yang dibilang unik dan aneh ini masih kuat dalam kehidupan kaum gipsi Romawi.

  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 3 : MENGINJAK-INJAK TUBUH TAMU
Berbeda lagi dengan tradisi pernikahan di Tahiti. Pengantin wanita dilarang memakai sepatu berhak tinggi atau high heels. Pasalnya, setelah upacara pernikahan sepasang pengantin akan berjalan di atas tubuh sahabat dan sanak saudara yang tidur berjajar dalam posisi tengkurap hingga menuju kamar pengantin. Tradisi ini disebut dengan Tradisi Karpet Manusia.

  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 4 : PENGANTIN BANTING PIRING
Tak ada yang bisa menyebutkan secara pasti asal muasal tradisi asli melempar piring yang dilakukan oleh pasangan pengantin ini. Yang jelas sejumlah negara masih melakukan tradisi ini. Seusai pasangan pengantin mengucapkan janji pernikahannya, keduanya melempar atau membanting piring secara bersama-sama hingga pecah.

Makna simbolis di balik tradisi ini adalah bahwa setiap pasangan suami istri akan menghadapi perkawinan yang berisi rintangan yang berat. Sehingga mereka akan siap, kuat dan tahan banting dengan melakukan tradisi tersebut. Dalam melakukannya mereka disertai dengan berdoa agar pernikahan mereka langgeng.

  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 5 : MENGGEMUKAN PENGANTIN WANITA
Jika kebanyakan orang bangga dengan wanita cantik bertubuh langsing dan berkulit putih, maka tidak dengan di Mauritania.

Kaum pria setempat memiliki kriteria wanita cantik yang akan dinikahinya adalah wanita yang bertubuh gemuk. Perut bundar dan besar hingga lemak di lengan yang jatuh bergelambir. Intinya semakin gendut seorang wanita maka itulah yang terbaik untuk dipersunting.

Tradisi yang digelarkan tak jauh-jauh dari acara menggemukkan tubuh sang pengantin wanita. Mereka harus makan sebanyak-banyaknya .

  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 6 : DISIRAMI SUSU BASI
Pernahkah Anda melihat tayangan di televisi tentang tradisi pengantin wanita di Skotlandia yang disiksa oleh teman-temannya di malam menjelang pernikahan? Ya, tradisi itu masih ada hinggan hari ini. Mungkin terlihat aneh karena bukannya calon pengantin dilulur agar wangi dan bersih, justru sebaliknya tubuh kedua pasangan pengantin disirami dengan susu basi, ikan-ikan busuk, sisa oli dan apapun yang makanan yang berbau busuk.

Tidak cukup sampai disitu ritual dilanjutkan dengan membuat calon pengantin menjadi mabuk alkohol. Makna yang terkandung tak lain adalah untuk menyiapkan mental pasangan pengantin agar kuat dalam menghadapi kehidupan selanjutnya yang sulit dan penuh ujian.


  • Tradisi pernikahan unik di dunia ke 7 : SALING MENGEJEK DAN MENGHINA
Umumnya pernikahan disambut dengan suasana yang menyenangkan dan gembira, obrolan dan perbincangan pun diwarnai dengan canda tawa. Namun justru sebaliknya yang terjadi di Afrika Selatan. Tidak ada canda tawa maupun hal yang menyenangkan lainnya.

Mereka meyakini kalau hal-hal yang manis dan penuh keceriaan itu sangat bertolak belakang dengan kondisi nyata pernikahan yang tak luput dari cekcok maupun selisih paham.

Itulah informasi mengenai tradisi pernikahan unik di dunia yang memang terlihat aneh, tidak wajar namun sebenarnya mempunyai makna dibalik semua ritual yang dilakukan dalam acara suatu pernikahan.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya