Olahraga Untuk Kesehatan Otak

Kesehatan Otak

Kesehatan Otak. Siapa yang tak tahu bahwa olahraga bagus untuk tubuh kita. Namun bagaimana dengan otak kita? Apakah olahraga dapat membuat otak menjadi lebih pintar? Tentu saja bisa. Studi baru yang dilakukan menyimpulkan bahwa olahraga menimbulkan efek yang berkaitan dengan kesehatan otak.

Penelitian oleh University Of British Columbia ini dilakukan dengan merekrut puluhan wanita berusia 70 hingga 80 an yang  memiliki gangguan kognitif ringan. Gangguan tersebut merupakan kondisi yang menjadikan memori dan pikiran seseorang lebih kacau dari semestinya di usia tertentu. Gangguan kognitif ringan merupakan faktor risiko bagi demensia dan berpotensi akan menderita Alzheimer pada tingkat yang jauh lebih tinggi dibanding mereka dengan kelompok usia serupa dengan memori yang lebih tajam.

Dalam studi kesehatan otak sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa setelah melakukan latihan beban, wanita yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan terjadi peningkatan memori asosiatif mereka, yakni kemampuan untuk mengingat dalam konteks misalnya, nama seorang kenalan baru dan cara ia diperkenalkan.

Dalam meneliti jenis memori yang lebih penting para ilmuwan meminta partisipan menjalani olahraga selama enam bulan dan di bawah pengawasan. Sebagian kelompok partisipan melakukan angkat beban sebanyak dua kali dalam seminggu. Sedangkan sebagian kelompok lain berjalan cepat dan sisanya hanya melakukan peregangan saja.

Pada awal dan akhir sesi dari studi tersebut, para partisipan diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes yang sengaja dipersiapkan untuk mengukur memori verbal dan memori spasial mereka. Memori verbal adalah kemampuan untuk mengingat kata-kata, sedangkan memori spasial adalah memori atau ingatan terhadap letak benda-benda. Kedua memori tersebut mengalami penuruan  seiring dengan bertambahnya proses penuaan serta diperparah pada orang dengan gangguan kognitif ringan.

Hasilnya setelah enam bulan berlangsung, para partisipan yang hanya melakukan peregangan memiliki skor yang rendah dalam tes memori yang dilakukan. Sebaliknya para partisipan yang berolahraga, berjalan cepat dan latihan beban menunjukkan hasil skor yang lebih baik dalam hampir semua tes kognitif yang diberikan.

Kesimpulan yang didapat adalah bahwa melakukan olahraga secara teratur dapat membuat otak kita menjadi lebih tajam. So, lakukan olahraga secara teratur mulai sekarang!

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya