Perawatan Gigi Geripis Pada Anak


Perawatan Gigi

Perawatan gigi pada anak terutama pada balita mungkin merupakan hal yang sepele. Namun tentu harus diperhatikan oleh seorang ibu karena para balita belum cukup umur untuk melakukannya sendiri. Permasalahan yang sering dialami pada anak balita adalah terjadinya gigi geripis. Gigi geripis biasanya merupakan gigi yang ompong dan kehitaman. Lalu apakah gigi susu yang geripis bisa merusak gigi tetap atau permanen nantinya dan bagaimana cara mengatasinya dan perawatan giginya?

Gigi susu mempunyai fungsi yang penting dalam kaitannya dengan pertumbuhan gigi tetap. Yaitu sebagai pemandu gigi tetap untuk tumbuh di posisi lengkung rahang. Bila gigi susu rusak seperti misalnya berlubang kehitaman, geripis atau bahkan tanggal, maka hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan terhadap gigi tetap. Jika demikian gigi tetap akan tumbuh di luar lengkung rahang dan gigi tetap akan terlihat miring atau bahkan bertumpuk.

Perawatan gigi yang dilakukan dan cara mengatasinya adalah dengan menghilangkan infeksi dan menutupnya dengan tambalan untuk merangsang pengembalian mineral gigi. Setelah gigi geripis ditambal selanjutnya adalah masalah perawatan gigi dengan melakukan kebiasaan baik untuk kesehatan rongga mulut anak Anda. Berikut adalah tips perawatan gigi yang harus dilakukan.

  • Rajin menyikat gigi dengan cara atau teknik menyikat yang benar, yaitu menyikat gigi dengan gerakan horisontal dengan tujuan agar lebih mudah ditiru oleh sang anak. Agar tidak membosankan dan terkesan monoton bagi anak, buatlah suasana menyikat gigi yang menyenangkan sehingga anak pun dapat meniru tanpa merasa malas. Agar bersihnya lebih maksimal Anda perlu membersihkan ulang giginya. Anda dapat menggunakan kain kasa yang dibasahi dengan air matang untuk membersihkan lidahnya.
  • Tips perawatan gigi yang kedua adalah dengan mengurangi konsumsi makanan serta minuman yang manis di antara waktu makan utama. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.
  • Merangsang aliran air ludah dengan cara memperbanyak makan buah-buahan yang mengandung serat dan sayuran hijau serta minum air mineral. Dengan begitu rongga mulut anak Anda akan senantiasa dalam kondisi asam yang optimal.
  • Jika anka Anda mempunyai kebiasaan minum susu saat atau sebelum tidur, berikan air putih untuk diminum setelahnya kemudian bersihkan gigi dan lidah anak dengan kain basah.
  • Tips perawatan gigi yang terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin dan membersihkan karang gigi ke dokter gigi.

    Sedangkan untuk gigi tetap yang sudah terlanjur tumbuh dengan miring maka harus dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis gigi terlebih dahulu. Setelah melakukan pemeriksaan akan dapat ditentukan perawatan apa yang tepat untuk menanganinya.

    Demikian informasi mengenai tips Perawatan Gigi Geripis Pada Anak yang dapat Anda jadikan referensi.

    Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya