Contoh Surat Resign atau Pengunduran Diri


contoh surat resign

Kali ini admin akan berbagi informasi update mengenai contoh surat resign yang dibuat seorang karyawan jika ia hendak keluar dari suatu perusahaan. Sudah selayaknya kita sebagai karyawan berpamitan dengan cara yang baik dan benar karena saat datang melamar pun kita pasti datang dengan cara yang baik pula.

Apa Itu Surat Resign?


Resign merupakan bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia adalah pengunduran diri. Resign memiliki arti secara sukarela meninggalkan suatu pekerjaan atau suatu posisi/jabatan tertentu atau secara sederhananya adalah keluar dari pekerjaan.

Mengapa suakrela? Karena jika bukan karena keinginan sendiri bisa jadi keluarnya seseorang karena PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja ) atau dipecat.

Sedangkan pengertian surat resign adalah surat resmi yang dibuat oleh seorang karyawan yang ditujukan kepada perusahaan tempat dia bekerja.

Ada berbagai macam alasan seorang karyawan resign dari sebuah pekerjaan. Misalnya karena gaji yang tidak sesuai harapan, ingin mencari pekerjaan lain yang cocok atau dengan gaji yang lebih besar, karena ingin berdikari atau membuat usaha sendiri, atau juga karena ingin fokus mengurus keluarga.

Haruskah kita membuat surat resign? Tentu saja. Karena sudah pasti sebelum bekerja di suatu perusaahaan kita membuat surat lamaran. Sehingga saat akan keluar dari pekerjaan tak ada salahnya dan sudah seharusnya kita membuat surat untuk berpamitan.

Selain itu surat resign sebagai bukti tertulis secara formal antara karyawan dan perusahaan.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Surat Resign


Tidak serta merta kita memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan mengajukan resign secara mendadak. Hal pertama yang harus kita persiapkan adalah alasan mengapa kita memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri. Tentunya harus alasan yang logis dan tidak asal-asalan agar pihak perusahaan dapat mempertimbangkan pengunduran diri kita. Karena bukan berarti saat kita mengajukan surat resign kita bisa langsung keluar segera setelah itu. Belum tentu pengajuan resign kita diterima.

Setelah menyiapkan alasan, bicarakan dahulu dengan atasan kita sehingga tidak terlalu mendadak dan kita dapat membicarakan alasan resign kita dengan atasan. Dengan begitu akan terkesan lebih sopan dan profesional.

Selain itu hal yang penting berikutnya adalah kapan waktu yang tepat untuk mengajukan resign. Pada umumnya surat resign diajukan 1 bulan sebelum kita berhenti dari pekerjaan tersebut. Dengan begitu pihak perusahaan mempunyai waktu untuk mencari pengganti atas posisi yang kita tinggalkan.

Nah, bagi yang sedang mencari referensi mengenai cara membuat surat pengunduran diri yang singkat dan jelas, berikut admin berikan contoh pembuatannya.

Contoh Surat Resign dari perusahaan leasing/finance

Jakarta, 2 Desember 2019



Yth. Kepala HRD
PT Adira Finance
Di tempat



Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama           : Darmin Nasution
NIK              : 20170112
Jabatan         : Accounting Head
Departemen : Keuangan

Mengajukan permohonan untuk dapat mengundurkan diri dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin terhitung tanggal 3 Desember 2019. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan selama saya bekerja di perusahaan ini. Semoga perusahaan Bapak/Ibu terus berkembang dan menjadi perusahaan yang terkemuka dan mampu bersaing.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,



Darmin Nasution

Contoh Surat Resign dari bank

Jakarta, Desember 2019



Yth.
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta 12190 Indonesia


Dengan hormat,

Bersama ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan di PT Bank Mandiri atas :

Nama            : Sri Mulyani
Alamat          : Jalan Raya Narogong No.11, Cileungsi, Bogor

Dengan ini saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja di PT Bank Mandiri dengan posisi sebagai Staff Account selama satu tahun.

Saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT Bank Mandiri apabila ada kesalahan yang saya lakukan selama bekerja di PT Bank Mandiri.

Semoga Bank Mandiri menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses.

Hormat saya,



Sri Mulyani

Contoh Surat Resign karena alasan kesehatan 

Tangerang, 3 Desember 2019



Yth. Kepala HRD
PT Indomarco Prismatama
Jalan Terusan Angkasa B2 Kav-1. Gunung Sahari
Kemayoran, Jakarta 10610


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku karyawan PT Indomarco Prismatama berdasarkan Surat Keputusan Bersama perusahaan tentang ketenagakerjaan, serta atas pertimbangan dan kesepakatan manajemen perusahaan, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama           : Teten Masduki
Alamat         : Jalan Perintis Kemerdekaan No. 22, Tangerang
NIK              : 3330118
Jabatan        : Supervisor

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan di PT Indomarco Prismatama terhitung sejak tanggal 16 Desember 2019. Permohonan pengunduran ini berdasarkan pertimbangan kesehatan yang mana tidak memungkinkan untuk bekerja di perusahaan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada manajemen yang telah menerima saya bekerja di perusahaan ini selama 12 tahun. Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan dan pihak manajemen apabila terdapat kesalahan  selama saya bekerja.

Saya juga berharap di kemudian hari PT Indomarco Prismatama akan terus maju dan berkembang menjadi perusahaan yang suskes.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas izin dan maklumnya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Teten Masduki

Demikian contoh surat resign yang dapat dijadikan referensi bagi yang memerlukannya. Semoga bermanfaat.

Mau tau cara menghasilkan uang dari rumah di masa pandemi???  Pelajari Selengkapnya